Minggu, 01 November 2009

Kenangan Haji 2007

Kenangan yang tidak bisa saya lupakan adalah berangkat haji bareng teman-teman di Jubail, ditahun 2007 kami semua yang berada di Jubail bagi yang belum berangkat haji pergi haji bersama.

Peraturan di Arab Saudi kalau sudah pergi haji untuk pergi haji lagi harus nunggu 5 tahun kemudian, kalau umroh bisa sebulan sekali, tidak seperti di Indonesia setiap tahun yang punya banyak uang bisa pergi haji.


Pada saat sedang wukuf di Arafah



Anak-anak yang selalu ceria walaupun dalam keadaan susah, tapi salut dengan anak-anak ini mereka sangat kuat dan sabar menghadapi cobaan di waktu Hajj, Allah swt telah melindungi anak-anak ini.


Tempat ini adalah Muzdalifah, kita mesti nginep disini 1 malem, ada yang pakai tenda, ada juga pakai sleeping bag, syarat berhaji. Muzdalifah ini banyak bukit-bukit tandus, gersang, jarang sekali pohon. Pada saat tiba disini, sudah penuh dengan jamaah haji dan kita harus cari tempat yang datar untuk pasang tenda.
Setelah menginap 1 malem, semua jamaah haji pergi meninggalkan muzdalifah, banyak barang-barang milik mereka di tinggal begitu saja, ada tenda, selimut, baju ihrom, makanan utuh, tikar, payung, sleeping bag, sampai kursi roda ditinggal juga.
Biasanya kalo sudah begitu, orang-orang banggale (banglades) mereka ambil, kalo di Indonesia mungkin pemulung gitu.
Ingin sekali saya pergi haji lagi dengan tenang tidak seperti tahun 2007 ini yang banyak sekali dukanya di banding sukanya, tapi itu semua ada hikmahnya.
Untuk sobat blogger gimana sudah ada yang pergi hajj, seandainya ada rejeki segeralah pergi hajj jangan nunggu sudah tua.....



1 komentar:

  1. salam sobat
    melihat foto2nya jeng,,,
    jadi teringat kembali saat haji nich,,,

    BalasHapus