Minggu, 01 November 2009

Kobus

Tidak seperti di Indonesia, kalo pagi banyak sekali yang jualan untuk sarapan pagi, dari nasi uduk, gorengan, bubur ayam, lontong sayur, ketoprak dll. Kita tinggal memilih mana yang kita suka, dengan harga Rp 1000 dah dapet gorengan, atau dengan Rp. 2500 sudah dapat bubur ayam atau nasi uduk, untuk bekal anak sekolah pun banyak tersedia, ibu yang malas membuat bekal sendiri, gampang tinggal beli di warung, makanan bekal sekolah.



Nah untuk yang tinggal di timur tengah khususnya saudi arabia lebih tepatnya kota al jubail, tidak ada semua makanan tuk sarapan seperti di Indonesia, yang ada adalah "KOBUS" makanan roti yang terbuat dari gandum atau terigu, dengan cara di bakar dalam tungku, rasanya sih tawar ya, enak kalo dimakan pas lagi panas. Katanya kobus ini baik dimakan untuk yang menderita diabetes.

Kobus ini pagi jam 5.30 sudah buka, biasanya yang beli itu buruh-buruh karena kobus ini harganya murah sekitar 1 - 2 riyal, tergantung besar kecilnya, kalo ingin di tambah pendamping kobus yaitu maksus ( kentang yang diblender halus ditambah bumbu rempah dan pedes) dan satsuka (telur orak arik), tumisan ikan tuna tanpa tulang pedes, dan teh manis panas.
Kalau satsuka dan ikan tuna biasanya saya buat sendiri, lebih banyak dan murah meriah.

Begitulah hidup di negeri orang, makanan khas Indonesia jarang sekali di dapat, mungkin negara lain seperti Qatar, Abu dhabi banyak restoran Indonesia, tapi ditempat saya sangat sulit, ada tetapi jauh.

Untuk bekal anak sekolah pun, seorang ibu mesti pintar-pintar membuat bekal, kalo malas ya sudah yang gampang aja roti isi meises sudah cukup.

Terus gimana dengan sobat blogger yang suka menyediakan bekal, buat sendiri atau beli instan ?

1 komentar: