Rabu, 24 November 2010

Ini "Tempe" Ku ....

Sudah hampir 4 tahun saya berada di Al Jubail KSA baru kali ini saya mencoba membuat tempe sendiri, padahal waktu itu sempat bawa ragi tempe dari Indonesia tapi malas sekali untuk mengerjakannya, salah satunya tidak yakin akan berhasil.
.
Selain itu di sini ada yang jualan tempe juga, jadi daripada susah-susah dan cape tenaga mending beli yang sudah jadi, waktu itu di hargai sekitar 7 SR dan ada juga yang 5 SR, tapi buat saya tidak masalah karena saya ngga pernah beli banyak cukup 1 atau 2 saja.
.
Tetapi sekarang yang saya dengar ko yang jualan tempe malah jarang, dan seandainya ada pun saya malas untuk mengambilnya karena jauh, yang jualan tempe hanya dropin tempenya ke salah satu apartemen, dan saya males sekali untuk ambil karena lumayan jauh kalau harus jalan kaki. Dan yang membuat saya kaget yang jualan tempe di Toko Indonesia pun malah tidak ada katanya waktu ada razia, tempe salah satunya kena razia karena di anggap ilegal tidak ada ijin.
.
Teman saya yang biasa jualan tempe pun sudah mulai berhenti, mungkin cape juga karena harus membuat banyak pesanan yang begitu banyak, sedangkan teman saya masih punya anak kecil yang harus di urus, jadi sepertinya berhenti jualan tempe.
.
Dan akhirnya saya mau mencoba bikin tempe sendiri, dengan meminta ragi pada teman yang sengaja bawa dari Indonesia, karena saya tidak punya ragi tempe.

Inilah hasilnya setelah di rendam, di kupas kulitnya, di cuci sampai bersih dan di rebus. Setelah di rebus di angkat tiriskan sampe kering dan dingin, baru dech ditaburi ragi sekitar 1/2 sdt kemudian di aduk-aduk sampai rata, lalu masukin ke pelastik dan ditutup rapat, jangan lupa di tusuk-tusuk untuk udara supaya masuk. Simpan di ruangan yang hangat sekitar 32 derajat sampai 35 derajat suhunya, karena kebetulan saya buat di saat musim dingin, saya simpan tuh di dapur, pintunya saya tutup jadi masih terasa hangat. Tunggu dech sekitar 2 atau 3 hari.



Nah ini adalah tempe yang sudah jadi, ngga nyampe 2 hr dah jadi..... :D


Tempenya siap untuk di goreng tepung...alhamdulillah bisa merasakan tempe buatan sendiri
.
Saya buat tempe ini yang ke-3 kalinya, karena 2 x saya gagal, tempenya ngga jadi-jadi, karena tempenya saya simpan di ruang tidak begitu hangat, dan pada saat pemberian ragi saya taburi ke kacangnya masih dalam keadaan panas dan basah, mungkin itu yang membuat tempe saya tidak pernah jadi, akhirnya saya penasaran dan buat lagi.....
berhasil dech...
tempe siap di panen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar