Sabtu, 10 November 2012

Cerita Pada Saat Ibadah Haji 2012 ( 1 )


Alhamdulillah, tak henti-hentinya aku ucapkan syukur pada Allah swt yang telah memberikan kesempatan kepada keluarga kecilku ini untuk menunaikan ibadah haji di tahun 2012. Padahal awalnya aku merasa pesimis kalau tahun ini keluargaku bisa mengikuti ibadah haji tahun ini karena teman 1 group suamiku juga akan menunaikan ibadah haji, tetapi Allah swt berkehendak lain, kamilah yang diberikan kesempatan itu, terimakasih ya Allah .....

 

Senin,  22 Okt 2012 Jam 10.00
Keluargaku beserta rombongan berangkat ke Mekkah, ada 2 Bis, Bis 1 dan Bis 2, aku termasuk di Bis 1, kami menggunakan travel yang namanya Ibn Al-Kattab (kalo ga salah ya, saya cuma lihat  nama bis ini ..hehehe..) di Koordinator oleh Da'wah Centre beserta Panitia dari Indonesia,  saya berada di Bis I, dalam rombongan ini ternyata ada orang Malaysia yang ikut bergabung juga.
 
 

 
Bis yang membawa rombongan jama'ah Haji Al Jubail
 
 
 
 
Tanda Pengenal Jama'ah Haji Al Jubail (tanda pengenal Anakku)
 
 

 
Tanda Pengenal untuk naik kereta Monorer
 
 

 
Tanda Pengenal penghuni tenda Mina
 
 
 

Selasa, 23 okt 2012 jam 04.00
Sampe miqot siap-siap untuk mandi, pakai baju ihram untuk laki-laki dan berniat umroh haji, setelah sholat shubuh rombongan langsung berangkat menuju Mekkah.

Jam 08.00 sampe di Mekkah, di area parkiran, lanjut menuju Masjidil Harram naik bis Safco.

Mulai tawaf sekitar jam 9 selesai jam 11 alhamdulillah aku dan keluargaku tawaf di bawah walaupun jauh dengan ka'bah tapi tak mengapa. Selesai tawaf dan sa'i, aku dan keluargaku keluar mencari Barber shop, mau tahalul, setelah selesai aku dan keluargaku masuk lagi kedalam, tetapi ternyata didalam sudah penuh orang duduk menunggu duhur, akhirnya aku naik ke atas dan paling atas, melaksanakan sholat dhuhur.

Setelah sholat duhur, terus keluar dan mencari makan siang di mall, masyaallah di food cort juga penuh, bingung mau makan apa, yang akhirnya aku dan suami mengikuti keinginan anak-anak, tapi bingung mau makan di mana, meja makan penuh, ya sudah aku dan keluargaku duduk dilantai, mengikuti orang lain yang sama tidak kebagian meja makan. Jam 14.00 diharap kumpul untuk berangkat ke Mina, tiba di Mina jam 18.00  pas magrib, tenda laki-laki dan perempuan terpisah walaupun masih berdekatan dan setelah menunaikan ibadah sholat magrib, mandi,  kemudian rombongan istirahat.


 
 
 


Jalan menuju tenda Mina rombongan Al-Jubail



 
Tenda Mina
Disinilah rombongan dari Al-Jubail beristirahat
 

 

Rabu, 24 okt 2012

Hari ini adalah istirahat di tenda Mina, waktu luang di gunakan dengan perbanyak dzikir dan membaca al qur'an, dan sholat berjama'ah. Alhamdulillahirobbil 'alamin tak henti-hentinya saya ucapkan syukur, karena bisa istirahat di tenda Mina, dengan fasilitas yang memuaskan bagi saya, tidur dengan kasur, makanan berlimpah, kamar mandi yang tidak begitu antri malah saya lihat masih sempat orang mencuci baju, kalau saya ingat kembali kebelakang (Flash back) ceritanya, tak terasa meneteskan air mata ingat hajian pertama 5 tahun yang lalu bersama teman-teman family, yang di bimbing oleh Ustadz Alwi dengan penuh kesabaran membimbing kami family untuk tetap bersabar, teringat kembali semuanya suka dukanya, mungkin banyak dukanya, tapi ada hikmahnya juga dibalik itu semua.


 
Ini tempat tidurku ama anakku, maaf berantakan hehehe
 
 



Sebelah kiri tenda laki-laki dan sebelah kanan tenda perempuan



Dan tahun ini saya berangkat kembali, dibimbing oleh Ustadz Alwi kembali, dengan travel yang berbeda, terima kasih ya Allah, diberi kesempatan untuk menunaikan ibadah haji kembali.
 

Kamis, 25 okt jam 8.30
Berangkat ke Arafah naik kereta monorer, dan sepertinya kereta ini beroperasi pada saat hajian saja, untuk mengantar jamaah haji yang ke Arafah, Musdzalifah atau Mina, penuh juga antrian panjang, tiba di Arafah rombongan menuju tenda, situasi sudah padet, sehingga rombongan agak sulit mencari jalan yg nyaman, banyak bis, banyak jamaah yang mendirikan tenda di pinggir jalan, banyak pedagang, sehingga terasa sekali dari statsion ke tenda seperti jauh, dan akhirnya tiba di tenda jam 11.30 sudah hampir dhuhur. Rombongan sudah sangat kelelahan tetapi tetap semangat, setelah beristirahat sejenak, kami melaksanakan sholat duhur, dan mendengarkan ceramah dari pak Ustadz, setelah selesai dimulailah wukuf.


 
 
 

 
 
 
 
Terlihat sekali kan, para Jama'ah Haji berbarengan menuju Arafah dengan menggunakan Kereta Monorer, antrinya buanyaaaaakk sekali, Alhamdulillah semuanya lancar dan terkendali.
 
 

 
 

 

Inilah Kereta yang digunakan selama menunaikan ibadah Haji
 
 

 
Wukuf adalah kegiatan utama dalam ibadah haji. Bahkan, inti ibadah haji adalah wukuf di Padang Arafah. Bila dalam rangkaian kegiatan haji jamaah tidak dapat melaksanakan wukuf dengan baik, maka tidak sah ibadah hajinya. Wukuf dilaksanakan hanya pada satu hari (siang hari) pada tanggal 9 Dzulhijjah pada penanggalan Hijriyah. Cara pelaksanaan ibadah wukuf ini adalah dengan berdiam diri (dan berdoa) di padang luas di sebelah timur luar kota Mekkah, Arab Saudi. Di daerah terbuka yang gersang tanpa bangunan inilah, lebih dari dua juta umat Islam dari berbagai pelosok dunia selalu berkumpul tiap tahunnya melaksanakan wukuf.

 
Wukuf adalah puncaknya haji. Secara fisik, wukuf Arafah adalah puncak berkumpulnya seluruh jamaah, yang berjumlah jutaan, dari penjuru dunia dalam waktu bersamaan. Secara amaliah, wukuf Arafah mencerminkan puncak penyempurnaan haji. Di Arafah inilah Rasulullah menyampaikan khutbahnya yang terkenal dengan nama khutbah wada atau khutbah perpisahan, karena tak lama setelah menyampaikan khutbah itu beliaupun wafat. Di saat itu, ayat Al-Quran, surat al-Maaidah ayat 3 turun sebagai pernyataan telah sempurna dan lengkapnya ajaran Islam yang disampaikan Allah SWT melalui Muhammad saw. Firman Allah SWT : ..Pada hari ini telah Ku-sempurnakan untuk kamu agamamu dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku dan telah Ku-ridhai Islam itu menjadi agama bagimu. (Al-Maaidah:3)

 



 
 

Arafah merupakan gambaran padang Mahsyar, yang nantinya semua makhluk dikumpulkan disana sebelum melangkah ke surga atau neraka. Kehadiran di Arafah memberi arti dan nuansa akhirat dengan Mahsyarnya, sekaligus merenunginya untuk bersiap-siap menghadapi hal itu. Arafah juga merupakan tempat bertemunya Adam dan Hawa setelah beratus tahun saling mencari di muka bumi.

 
Wukuf artinya hadir dan berada di Arafah pada waktu tertentu antara waktu dzuhur dan ashar.

 
Disini masing-masing jamaah dipersilahkan untuk mengkondisikan dirinya berkonsentrasi kepada Allah, melakukan perenungan atas dirinya, apa yang telah dilakukan selama hidupnya, merenungi kebesaran Allah melalui Asmaul Husna-Nya, merenungi hari akhirat.
 

Bentangkan dosa-dosamu di padang Arafah ini, ingatlah satu persatu dosa-dosa yang pernah engkau lakukan, ingatlah betapa waktumu selama ini habis terbuang sia-sia karena lebih banyak digunakan untuk memperindah kehidupan duniamu. Pengakuan yang jujur dan ikhlas, tanpa rasa sombong dan takabur, di hadapan Allah adalah puncak amaliah haji. Itulah Arafah, wukuf adalah untuk mendefinisikan hakikat keberadaan manusia dihadapan Allah, sekalipun sebenarnya Allah telah mengetahui itu semua.

 
Pandanglah langit Arafah. Renungilah bahwa pada hari yang mulia itu Allah SWT sedang memanggil para malaikatnya berkumpul di langit Arafah, dan membangga-banggakan umatnya yang sedang wukuf di Arafah di hadapan para malaikatnya di langit.

 

Disebutkan dalam hadits qudsi bahwa Allah berfirman bahwa :Lihatlah kepada hamba-Ku di Arafah yang lesu dan berdebu. Mereka datang kesini dari penjuru dunia. Mereka datang memohon rahmat-Ku sekalipun mereka tidak melihatku. Mereka minta perlindungan dari azab-Ku, sekalipun mereka tidak melihat Aku

 
Allah sangat memuliakan hari wukuf di Arafah. Hari itu, Allah mendekat sedekat-dekatnya kepada orang-orang yang wukuf di Arafah untuk mendengarkan ungkapan dan keluhan hati mereka, menatap dari dekat wajah dan perilaku mereka. Nabi Muhammad saw bersabda : . . . Ia (Allah) mendekat kepada orang-orang yang di Arafah. Dengan bangga Ia bertanya kepada para malaikat, Apa yang diinginkan oleh orang-orang yang sedang wukuf itu ?

 
Pada hari itu, Allah senang sekali jika mereka berdoa kepada-Nya. Ia mengabulkan semua doa mereka disana, sebagaimana tersebut dalam hadist yang lain :

 
Sabda Rasullullah saw : Di antara berbagai jenis dosa, ada dosa yang tidak akan tertebus kecuali dengan melakukan wukuf di Arafah (disinadkan oleh Jafar bin Muhammad sampai kepada Rasulullah saw).

 
Bahkan Allah murka ketika manusia tidak yakin dosanya diampunkan di Arafah, seperti sabda Rasullullah saw : Yang paling besar dosanya di antara manusia adalah seseorang yang berwukuf di Arafah lalu berprasangka bahwa Allah tidak memberinya ampun (Al Khatib dalam kitab Al-Muttafaq wal Muftaraq)

 
Demikian agung dan mulianya hari Arafah ini, meski wukuf hanya beberapa jam saja. Sungguh sangat penting berdoa di Arafah, disaksikan dari dekat oleh Allah SWT dan dibangga-banggakan-Nya di depan para malaikatnya.
 

Hai malaikat-Ku ! Apa balasan (bagi) hamba-Ku ini, ia bertasbih kepada-Ku, ia bertahlil kepada-Ku, ia bertakbir kepada-Ku, ia mengagungkan-Ku, ia mengenali-Ku, ia memuji-Ku, ia bershalawat kepada nabi-Ku. Wahai para malaikat-Ku ! Saksikanlah, bahwasanya Aku telah mengampuninya, Aku memberi syafaat (bantuan) kepadanya. Jika hambaku memintanya tentu akan Kuberikan untuk semua yang wukuf di Arafah ini.

 

Pada malam hari Jam 20.00
 
Kami dan rombongan keluar dari tenda Arafah, dan menuju Muzdalifah, dengan menggunakan kereta. Masyaallah di station kereta begitu padat sekali, diluar pagar, didalam pagar, dan aku lihat di atas menuju ke pintu kereta pun penuh dengan orang yang menunggu giliran. Sedangkan rombongan kami masih diluar pagar, lama sekali kami menunggu, sampai banyak orang yang berteriak ingin cepat masuk. Tidak lama kemudian pintu pagar di buka, Allahu akbar, semua berebut masuk, aku yang bawa ghina (putriku 8 thn) harus aku lindungi dari orang-orang yg berebut masuk dan dorong-dorongan, putriku aku suruh berdiri didepanku dan aku peluk dari belakang, dan aku bisikan pada putriku, kamu harus kuat nak, jangan lemah mama bantu dan lindungimu dari belakang, dengan baca bismillah aku dan putriku maju dengan hati-hati, sambil ucapkan Allahu akbar berulang kali, pas mendekati pintu aku hampir kejepit aku berusaha maju lagi, dan alhamdulillah aku dan putriku selamat, dan suamiku dan putraku juga selamat, perjuangan ibadah haji yang penuh cobaan.
 

 


 
 
 Keluar dari Arafah menuju station kereta, untuk mabit di Muszdalifah


 
Kini aku dan rombongan sudah masuk di dalam area station kereta, tinggal menuju ke atas pintu kereta, dan antri juga, semua tujuannya sama mabit di Muzdalifah. Berjam-jam kami masih berdiri di bawah, kenapa ga jalan-jalan,  banyak orang yang ga kuat berdiri, sehingga keluar dari antrian, ya Allah sampai kapan kami berdiri berjam-jam menunggu giliran naik kereta, anak-anakku sudah mulai lemas, waktu menunjukkan jam 12 malam, jalan dari antrian hanya 2 langkah terus berhenti, 2 langkah berhenti, terus begitu.... semua jama'ah haji terlihat kecapean, sebagian ada yang keluar dari antrian sebagian ada yang marah-marah, dan sebagian lagi hanya terdiam dan mengucapkan dzikir untuk dimudahkan, cobaan terberat adalah ini, antri, berdiri lama dan berjam-jam, tetapi kami harus tetap bersyukur.
 
Dengan penuh kesabaran, sedikit-demi sedikit, kami sudah mendekati pintu mau keatas station, saya lihat mereka sudah mulai ga sabar, dengan mengucapkan Bismillah, saya, rafi, ghina dan suamiku, berjalan perlahan untuk menuju ke atas, tetapi pertengahan menuju ke atas sudah di stop oleh polisi, karena di station sudah penuh dengan orang, padahal sudah tinggal sedikit lagi saya menuju station, saya akhirnya memohon untuk masuk, karena anak saya sudah tidak kuat berdiri, tidak lama kemudian polisi itu memperbolehkan saya, ghina dan rafi masuk terlebih dahulu, Alhamdulillah ya Allah, suamiku dan rombongan lain masih harus menunggu lagi beberapa menit.  
 
Saya dan anak-anak langsung menuju station dan langsung duduk di bawah (lantai) sambil menunggu rombongan lain datang, Alhamdulillah sudah berjam-jam saya dan anak-anak tidak duduk saat itu kalau ngga salah sekitar jam 01.00 ( Jum'at, 26 Oktober 2012). Sedangkan di Indonesia mulai bersiap-siap untuk melaksanakan sholat Ie'dul Adha.
 
Setelah rombongan tiba di station, antri lagi untuk naik kereta menuju Muszdalifah, berhubung tenda Mina rombongan Al-Jubail berbatasan dengan Muszdalifah, maka kami dan rombongan mabit di tenda, seandainya tenda kami tidak berbatasan dengan Musdzalifah maka kami harus mabit di Muszdalifah dengan tidur diruang terbuka dengan alas tikar atau tenda yang dibawa.
 
Kami dan rombongan tiba di tenda sekitar jam 02.30 hari Jum'at, 26 Oktober 2012, (di Indonesia mungkin sudah selesai melaksanakan sholat Ied, dan sedang makan ketupat dilanjut dengan pemotongan hewan kurban),  setelah melaksanakan sholat magrib dan isya di jama' qashar, kami langsung istirahat, sedangkan saya ngga bisa tidur tanggung banget sebentar lagi shubuh.

 

Rabu, 23 Mei 2012

Sate Ayam dan Lontong

Ingin rasanya buat sate Ayam, kebetulan anakku pesan Sate Ayam sudah lama, tapi baru sekarang bisa menyempatkan buat Satenya.

Bahannya :
1/2 kg ayam fillet di potong-potong
Bawang putih halus
Merica
garam
Mentega cair
Susu putih kental manis
kecap manis
Tusuk Sate

Pelengkap :
Sambal kacang
Lontong
Bawang goreng







Caranya :

Siapkan mangkok besar, dan masukan ayam fillet yg sudah dipotong-potong
Masukan bawang putih halus, merica, garam,susu kental manis dan kecap aduk rata
biarkan 1 jam, supaya bumbu meresap
Setelah 1 jam berlalu, tusukan ayam fillet ke tusuk sate, setiap tusuk sate ada 4-5 potong ayam fillet
Begitu terus sampai potongan ayam fillet habis.
Kemudian siapkan alat panggang dari teflon (krn yg saya punya itu ... :D)
Panggang dech sambil di balik-balik....

Nah kalo sudah siap satenya, tinggal di tata dalam piring, tambahi lontong, sambal kacang dan bawang goreng

Siap dihidangkan untuk keluarga tercinta ...


Pempek dan Batagor

Saatnya di hari libur ini aq buatkan cemilan kesukaan keluargaku, pempek dan batagor, sebenarnya ini versi aku bikinnya, harap maklum kalo ada yg kurang,  okey kita mulai dengan menyiapkan bahannya :

Bahan :
1 kg Ikan Tenggiri (dihaluskan)
Tepung Kanji (sampai adonan kalis baru stop ya...)
2 butir telur
garam secukupnya (kurang lebih 3 sdm)
Kulit Lumpia
Cuko pempek (beli jadi ke penjual pempek yg asli dr palembang, bikin sendiri persis aslinya ngga bisa hehehe )
Bumbu pecel untuk batagor


Caranya :

  • Siapkan Mangkok besar masukan daging ikan tenggiri yang telah dihaluskan, telur dan garam  aduk rata
  • Kemudian masukan tepung kanji sedikit demi sedikit, sambil di aduk rata, hingga adonan kalis
  • Setelah itu bentuklah sesuai selera.
  • Didihkan Air, setelah mendidih masukan adonan pempe yg telah dibentuk, tunggu sampai mengapungm dan angkat.

  • Untuk Batagor, siapkan kulit lumpia, kalau bentuknya square bisa dipotong menjdi 4 bagian, setiap bagian di isi adonan pempek ditengahnya baru deh di tutup (ya sesuai selera aja dech), bisa langsung di goreng, kalo bikinnya bnyak sisanya bisa di masukan dalam freezer




Nah hasilnya seperti ini, tinggal disiapkan cuko pempek dan sambal kacangnya, siap di hidangkan .....



Jumat, 04 Mei 2012

Onde-Onde

Dihari yang cerah dan panas (diluar puanass poll, kalo di dalem dingin AC), pengen bikin Onde-onde nich....buka-buka resep karena udah lupa takarannya, kalo ngga lihat resep ga PD takut gagal.
 
Bahannya :
 
Isi : 250 kcng Ijo kupas, rendam dalam air selama 1 jam, tiriskan
500 air
175 gula pasir
1/2 sdt garam
 
 
Kulit : 
 
250 gr tepung ketan putih ayak
25 gr tepung beras, ayak
1/2 sdt gula pasir
1 sdt air kapur sirih
200 ml air, panaskan jangan sampai mendidih
Biji Wijen
 
 
 
 
Caranya :
Isi : 
 
  1. Kukus kacang ijo kupas yang sudah direndam dan ditiriskan kedalam panci kukusan, selama kurang lebih 15 menit.
  2. Setelah terasa empuk dan matang angkat
  3. Kemudian siapkan wajan, masukan kacang ijo kupas yang sudah di kukus, tambahkan air, gula pasir, dan garam, aduk sampai rata dan kalis, dan bisa dipulung.


Kulit :
  1. Campur tepung ketan, tepung beras, garam, gula, air kapur sirih aduk rata
  2. Tuang sedikit demi sedikit air panas, sambil di uleni terus hingga kalis dan dapat dipulung
  3. Setelah kalis diamkan selama kurang lebih 8 jam (biasanya saya buat malem hari terus di simpan, baru deh besok di isi kacang ijo dan di goreng)
  4. Timbang kulit Onde-onde 20 gr, terus sampai habis, baru di isi dengan kacang ijo kupas
  5. Setelah semuanya onde-onde terisi dengan kacang ijo, gulingkan adonan pd air dingin kemudian celupkan ke biji wijen bergantian hingga permukaan tertutup rata, lakukan perlahan supaya bentuknya tetap bulat, lakukan adonan hingga habis.
  6. Goreng Onde-onde diatas api kecil hingga kekuningan dan mengapung
  7.  
 
Nah jadi dech Onde-ondenya, oh ya selama pengalamanku buat onde-onde di usahakan kalo mau bikin onde-onde ini jangan bikin langsung goreng, hasilnya suka ga bagus, kalo udh mateng pas dinginnya melempem trus pas di gorengnya juga suka meletus-letus, pecah.
 
Kalo saya buat adonannya malem ditimbang tiap adonan 20 gr, trus di simpan di wadah tupperware yg besar ditutup, besoknya baru diisi kacang ijo, kasih biji wijen baru di goreng dan hasilnya tidak mengecewakan, ngga meletus, bulat mengembang, dan walaupun udh dingin tetap enak rasanya ngga melempem.
 
Nah buat ibu-ibu yang doyan Onde-onde silahkan di coba ...... :D

Rabu, 28 Maret 2012

Umroh Maret 2012

Libur sekolah tlah tiba, kebetulan bersamaan dengan liburnya ayah, jd waktunya digunakan untuk pergi ibadah umroh. Seperti biasanya agent travel Al Noor yang dipilih. Berangkat dari Al Jubail paling lambat jam 4.30 sore, dan akan tiba besok pagi, perjalanan yang sangat melelahkan.

Karena bersamaan dengan liburnya anak sekolah, maka penumpang bis banyak familynya yang membawa anak-anak, sehingga dalam bis ramai dengan suara anak kecil dan bagusnya anak kecil itu tidak rewel sehingga tidak mengganggu penumpang lain yang sedang tidur.

Sebelum sampai Riyadh, entah apa nama daerahnya, tiba -tiba hujan, subhanallah sudah lama tidak melihat hujan yang membasahi jalan dan bis ingin sekali, saya keluar menikmati hujan dan wanginya tanah karena diguyur oleh hujan.







Jam 6 pagi tiba ϑĭ miqot untuk berganti pakaian, laki-laki dengan baju ihram, perempuan dengan baju bersih dan diniatkan untuk ibadah umroh, tidak lupa shalat subuh (apabila tiba di miqot shubuh) dan shalat sunat.

Tiba ϑĭ Mekkah jam 8 pagi, bis berhenti ϑĭ Saudi Pos, mencari hotel bingung sebagian sudah ªa̲̅ yg dibongkar. Tidak lama kemudian akhirnya mendapatkan hotel, terbilang mahal sih, tapi ya sudahlah yang penting ªa̲̅ .




Disinilah semua bis menurunkan penumpang yang mau menunaikan ibadah umroh



Tampak dari jauh, hotel-hotel yang telah dikosongkan karena mau dibongkar, dan pasar seng tempat jualan berbagai macam pernak pernik, sudah dihancurkan, apalagi toko puncak dan sumatra biasa saya dan teman-teman belanja mencari kebutuhan makanan atau lainnya yang khas dari Indonesia, sekarang sudah dibongkar, kemana pindahnya saya tidak tahu, karena memang tidak bertanya kemana pindahnya ..... :D


Gedung Saudi Pos, mungkin ngga ya di bongkar juga kena gusur ...??


Sementara sang suami mencari hotel, karena didaerah sini sangat susah sekali mencari hotel banyak yang kena gusur, saya dan anak-anak menunggu ..... :)

Tak lama kemudian hotelpun dapat namanya Manal Al Eman, ngga begitu jauh dari Masjidil Harram, alhamdulillah kami istirahat sebentar dihotel, dan jam 10 keluar menuju Masjidil Haram. Saya liat dari depan hotel jam dinding besar tertutup oleh kabut, ternyata itu debu, wow Masjidil Haram berdebu, karena disekelilingnya sedang ªa̲̅  proyek pembongkaran. Banyak hotel yang dibongkar sehingga selama proyek masih berjalan akan mendapatkan hotel jauh dari Masjidil Haram, kecuali di Gate 1, mudah mendapatkan hotel.
 

Apa jadinya setelah proyek ini selesai, apakah saya dan keluarga masih bisa melihat dan beribadah di Masjidil Haram ini ? melihat hasil akhir dari pembangunan kota Mekkah ? Insyaallah .....

Jumat, 16 Maret 2012

Chicken Pox (cacar air)

Bulan kemarin anak saya bungsu tiba-tiba kena Chicken Pox atau Cacar Air, pertama keluar di dahi sebelah kiri, dan merembet ke perut, dan punggung.

Awalnya saya hanya mengira-ngira antara Alergi dan Chicken Pox, karena sebelum tanda itu keluar anak saya makan kerang, besok nya anak saya menunjukkan sesuatu pada saya, seperti jerawat kecil, dan terasa gatal, saya pikir apakah alergi kerang, padahal anak saya ini belum mengalami alergi sea food, kecuali kaka nya yang memang alargi udang dan pernah alergi kepiting.

Karena saya merasa takut, akhirnya saya bawa ke dokter, dan ternyata memang benar anak saya terkena Chicken Pox, tidak boleh sekolah selama 1 minggu, saya merasa hawatir, pasti anak saya tersiksa gatal dan badannya penuh dengan Chicken Pox, karena saya pernah mengalaminya.

Setelah meminum obat yang dokter berikan, ternyata Chicken pox nya tidak keluar lagi, benar kata dokter, sebelum 2 hari dibawa ke dokter masih bisa dicegah dengan obat supaya tidak keluar chicken pox nya, padahal kata orangtua kita, justru yang bagus dikeluarin semua supaya nanti ngga kena chicken pox lagi, tetapi disini malah dikasih obat untuk mencegah keluar semua.

Dan memang benar anak saya badannya tidak panas, chicken pox nya tidak keluar lagi, malah seperti tidak sakit apa-apa, seperti anak yang sehat, pengennya sih sekolah saja, tapi anaknya sudah ke enakan ngga sekolah jadi males ....

Tetapi teman saya anaknya juga terkena chicken pox, setelah ke dokter dan di beri obat malah semakin keluar banyak katanya, obat yang diberikan berbeda dengan obat anak saya, dan memang rumah sakitnya pun berbeda.

Semoga saja tidak akan keluar lagi chicken poxnya suatu saat nanti, dan selalu sehat ....

Sabtu, 25 Februari 2012

Scam atau Penipuan Melalui Internet


Bagi para pelaku bisnis online tentu sudah tidak asing lagi dengan kata SCAM atau penipuan melalui internet. Inti dari penipuan ini adalah menyerang salah satu sisi psikologis manusia, yaitu "ingin sesuatu yang lebih" baik itu lebih banyak, lebih murah, lebih gampang, lebih baik, lebih hebat, dan masih banyak lagi sehingga para scammer selalu mengiming-imingi sesuatu yang lebih.

Ada beberapa macam SCAM di dunia internet yang harus anda pelajari sehingga anda tidak akan menjadi korban. Tujuan dari SCAM inipun bervariasi, mulai dari urusan duit hingga yang paling kejam yaitu tujuan "Fitnah".

Kali ini saya akan membahas 7 macam SCAM atau penipuan yang paling sering dilakukan di internet, dan mungkin anda juga pernah menjadi ataupun hampir menjadi korban mereka. Korban bukanlah orang yang bodoh, melainkan orang normal yang menginginkan lebih.

1. Phising

Phising adalah tindakan mencuri data diri / biodata anda, mulai dari nama lengkap, tanggal lahir, nama ibu kandung, alamat anda hingga nomor KTP anda. Tujuan dari phising ini adalah untuk mengakses rekening bank anda, ataupun untuk menyampaikan pesan yang bersifat fitnah menggunakan jati diri korban.

Phising biasanya selalu berdampingan dengan SPAM, dengan arti SPAMMER melancarkan serangan ke ribuan hingga jutaan calon korban melalui e-mail maupun telepon yang mengaku sebagai pegawai asuransi, petugas bank, dan berbagai pihak yang menurut korban berhak untuk meminta segala data diri anda.

Beberapa contoh dari Phising ini antara lain Phising Facebook ID, Account paypai, Liberty Reserve, Ebay.

Cara mencegah agar anda tidak menjadi korban Phising sebagai berikut:

- Berhati-hatilah terhadap email asing, apabila email tersebut menyerukan anda untuk mengunjungi sebuah link yang berisi form login, jangan pikir panjang, langsung close.

- Jangan gunakan password general, dalam arti seluruh account online anda menggunakan sebuah password atau password menggunakan kata yang mudah (nama anda, tanggal lahir anda, nama anak anda)

- Jika ingin melakukan login ke situs apapun seperti paypai, Ebay, Facebook, sebaiknya langsung mengunjungi web mereka dengan cara mengetik alamat URL pada web browser dan jangan melalui pihak ketiga, misalnya E-Mail, via Chat, dll.

2. EBAY SCAM

Ebay SCAM ini mencoba untuk menjual barang dengan harga yang jauh dibawah pasar sehingga orang tertarik untuk membeli tanpa harus berpikir panjang. Biasanya barang yang dijual memiliki harga di atas $1,000 seperti TV Plasma, LCD, Spare Part Motor dan Mobil dan lain sebagainya.

Setelah korban melakukan transaksi dan proses pembayaran telah selesai, biasanya barang yang dikirim adalah barang palsu atau bahkan barang rusak atau yang lebih parah lagi, tidak mengirim apapun.

Cara menghindari EBAY SCAM:

- Cobalah bandingkan harga barang yang ingin anda beli dengan berbagai sumber yang dapat dipercaya, apabila beda harga terlalu mencolok sebaiknya langsung dihindari

- Periksa kelengkapan dokumen legalitas dan lihatlah testimonial

- Cobalah untuk selalu menelpon mereka, apabila tidak mempunyai contact phone langsung ignore saja

Namun ingat, ada beberapa hal yang lebih berbahaya, yaitu seorang SPAMMER yang berhasil mendapatkan account EBAY yang sangat dipercaya (Powerseller). Apabila anda ingin bertransaksi dalam jumlah yang besar sebaiknya bertemu langsung atau datangi tempat usahanya.

3. Nigeria Letter

Sebagian besar jenis penipuan ini berasal dari Nigeria, sehingga disebut sebagai Nigeria Letter. Anda mungkin pernah mendapatkan sebuah E-Mail yang sangat mengejutkan berisi tentang ajakan untuk membantu dalam pencucian uang, dimana anda akan dilibatkan dan diberi komisi dengan nilai yang sungguh luar biasa, atau seorang pengacara yang memegang harta clientnya yang telah tewas sekeluarga sehingga bingung harta warisannya akan jatuh ke tangan anda.

Kesamaan dari jenis penipuan ini adalah keharusan anda membayar pajak terlebih dahulu sebesar beberapa persen dari nilai yang akan anda dapatkan, ketika pajak anda bayar, mereka akan hilang bersama uang anda.

Beberapa hal yang harus anda hindari:

- Apabila mendapatkan E-Mail yang isinya bercerita tentang hal-hal seperti di atas, sebaiknya langsung di hapus tanpa follow up.

- Apabila menemukan adanya kata-kata seperti Bank of Africa, African Development Bank, atau apapun yang berhubungan dengan Bank yang berasal dari negara apapun di Africa langsung saja di hapus. Karena saya yakin anda tidak ada transaksi atau deal apapun dengan orang Africa
.

- Jika anda disuruh untuk mentransfer sejumlah uang untuk alasan apapun walaupun dapat dibuktikan dengan gambar dan data yang lengkap, janganlah tertipu, ini hanya tipuan.

4. Online Lottery

Online Lottery dan Nigeria Letter mempunyai skema yang sama dengan trik yang sama pula namun dengan chase yang berbeda. Untuk Online Lottery anda dibuat tergiur bukan karena harta warisan, tetapi oleh uang dari menang Lottery yang tidak pernah anda ikuti sama sekali.

5. Ponzi Scheme

Ponzi adalah nama orang yang menerapkan skema ini. Ini adalah skema penipuan terstruktur namun pasti akan ketahuan. Salah satu Pelaku Ponzi terbesar yang terbuka kedoknya abad ini adalah Bernard Madoff yang telah berhasil menipu sebesar $40 Milyar atau 400 Trilyun Rupiah.

Skema dari Ponzi adalah, menawarkan sebuah program investasi dengan bunga / Return of Investment yang menggiurkan, dan anda akan mendapatkan hasil dari korban berikutnya. Ketika sudah tidak anda member baru / korban baru, maka jenis penipuan ini akan terungkap.

Untuk menghindari hal ini sangatlah sulit, karena sebuah perusahaan yang memiliki dokumen legal pun tetap melakukan penipuan ini.

6. HYIP

HYIP atau High Yield Investment Program, adalah salah satu jenis program yang menggunakan skema Ponzi. 90% dari HYIP adalah bohong dan 10% sisanya menunggu antrian untuk dicap sebagai pembohong, mengapa? Bos HYIP biasanya menggunakan modal yang besar untuk mendapatkan dana yang besar pula. Mereka rela membayar member mereka selama beberapa tahun untuk meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan calon investor, sehingga investor yang tidak berhati-hati akan langsung melakukan investasi secara besar-besaran.

Sumber :  Hudza Indra
www.indoislamicstore.com
berjamaah.com
jamaahmasjid.blogspot.com  

Rabu, 22 Februari 2012

Selingan dan Santai Sejenak

Suatu pagi, terjadi dialog menarik antara sehat dan sakit. Masing-masing mengklaim bahwa dirinya lebih bermanfaat bagi manusia.

Sehat berucap, "karena aku, manusia semangat dalam bekerja dan beraktifitas."

Sakit menyangkal, "tapi karena-ku manusia tak memiliki angan-angan panjang."

Sehat menambahkan, "Denganku, ahli ibadah lebih bersungguh-sungguh dalam ibadahnya."



Sakit menimpali, "Tapi denganku, mereka mengikhlaskan niat (karena Allah semata) dalam ibadah mereka."

Sehat membanggakan dirinya, "Karena-ku didirikan sekolah-sekolah kesehatan dan universitas kedokteran."



Sakit tak mau kalah, "tapi karena-ku penelitian medis berkembang pesat."

Sehat mengakhiri ucapannya, "Seluruh manusia mencintaiku."

Sakit menutup pembicaraannya dengan (sanggahan mematikan), "kalau bukan karena aku, mereka tak akan pernah mencintaimu."

(Hakadza 'allamtnil hayat, DR. Mustafa Siba'i).



Saudaraku…

Selingan dan hiburan tidak dilarang dalam agama kita. Persoalannya adalah terkadang kita salah dalam memilih hiburan dan selingan yang menyeret kita melanggar batasan-batasan-Nya. Bersungguh-sungguh bukan berarti selalu menampakkan wajah sangar, cemberut dan tatapan garang. Tanpa seulas senyum menghiasi wajah. Tiada gurauan dalam hidup dan seterusnya. Apakah hidup kita bermakna?

Sehat dan sakit adalah teman hidup kita. Keduanya datang kepada kita silih berganti. Dan terkadang mengunjungi kita bersamaan. Keduanya sangat berarti dalam hidup kita.

Sehat mengajari kita untuk selalu bersyukur atas segala nikmat pemberian-Nya. Sedangkan sakit, mendorong kita untuk selalu sabar menghadapi cobaan-Nya. Sehat menyimbolkan segala nikmat. Sedangkan sakit mewakili setiap warna cobaan dan tribulasi yang menyapa kita. Syukur dan sabar adalah dua pilar kesuksesan kita dalam menyisiri hidup dan kehidupan ini.

وَمِنْ كُلِّ شَيْءٍ خَلَقْنَا زَوْجَيْنِ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ

Sungguh indah Allah membahasakan dalam firman-Nya, "Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat akan kebesaran Allah." Adz Dzariyat: 49.



Subhanallah, terima kasih pada-Mu ya Allah yang telah mendatangkan sehat dan sakit dalam kehidupan kami, agar kehidupan kami indah berseri, lebih berwarna dan berpelangi.


Selasa, 21 Februari 2012

10 Tips Meningkatkan Citra Bisnis Anda

Ketika Anda fokus pada pertumbuhan bisnis Anda, apakah Anda mempertimbangkan relevansi pentingnya bisnis Anda ditangkap? Komunikasi dan citra yang Anda hadirkan, baik secara personal dan bisnis, menciptakan kesan pertama Anda, dan sayangnya, terkadang kesan terakhir Anda juga. Studi mengenai manusia menunjukkan bahwa kebanyakan orang membuat keputusan dalam 30 detik pertama sampai dua menit. Kita sudah sering mendengar “Anda hanya punya satu kesempatan untuk membuat kesan pertama."
Meski Anda mungkin punya ketrampilan dan kualifikasi yang tanpa cela untuk memberikan jasa atau menjual produk, Anda tidak boleh melupakan "kesan pertama" jika Anda tidak memberikan perhatian yang serius pada citra profesional Anda. Mungkin Anda tidak hanya memotong diri Anda di awal penjualan, tapi juga bisnis yang berulang dan referral. Tujuan personal dan bisnis Anda adalah untuk menghindari gangguan negatif untuk memindahkan bagian lain diluar dan fokus di dalam, sehingga perhatiannya ada pada Anda, bisnis, dan apa yang harus Anda katakan. Anda ingin diperhatikan, diakui dan memiliki pengaruh yang positif pada orang lain.
Sementara opini akan menawarkan relevansi terhadap pentingnya aspek citra yang berbeda, tergantung pada jenis bisnis dan produk Anda, dimana Anda dan bisnis membuatnya sukses. Jika Anda gagal menampilkan citra yang profesional, sukses, dan cerdas, mengapa prospek Anda harus berharap mendapatkan sesuatu yang berbeda dari produk atau jasa Anda? Suka atau tidak, penyajian personal dan bisnis bisa membedakan kemampuan, kredibilitas dan sukses kebanyakan. Jika Anda lalai dengan detail, Anda akan kehilanggan bisnis yang signifikan.
  1. Berpenampilan untuk sukses - jika Anda nampak seperti profesional, Anda akan diterima dan dinilai sebagai seorang profesional dan memberikan kepercayaan diri. Sederhana dan profesional serta hindari berdandan yang berlebihan yang mungkin bisa menganggu.
  2. Penampilan telepon – Apa persepsi orang yang menelpon Anda? Bagaimana Anda menjawab telepon? Beberapa studi menunjukkan bahwa prosentase paling tinggi terhadap bentuk opini seseorang mengenai Anda, saat berbicara melalui telepon, di dasarkan dari suara kita. Hanya sebagian kecil yang menganggap didasarkan dari kata-kata yang kita gunakan. Pastikan sapaan awal Anda profesional. Akan lebih baik, jika telepon Anda dijawab oleh orang yang profesional di bidangnya dengan nada suara yang positif dan bersemangat. Jika si penelpon menyukai apa yang mereka dengar, maka bisnis Anda akan dianggap sebagai berpengatahuan dan percaya diri.
  3. Pesan suara - Saat meninggalkan pesan untuk seseorang, tinggalkan pesan yang lengkap termasuk nama dan nomor telepon Anda. Katakan dengan singkat dan informatif sehingga mereka bisa meresponnya tanpa terlebih dahulu berbicara dengan Anda, tapi jangan menyimpang. Bicara dengan pelan dan ulangi nomor Anda diakhir pesan sehingga pesan tidak tidak diulang untuk mendapatkan nomor Anda.
  4. Logo – Logo yang baik penting sebagai nilai branding dan pengakuan. Logo yang bersih, sederhana dan unik biasanya cara terbaik untuk kelangsungan dan kesuksesan perusahaan. Sebuah logo harus mencerminkan kepribadian perusahaan. Ini bukan sesuatu yang harus Anda kerjakan sendirian. Seorang desainer profesional akan memastikan desain logo Anda mencerminkan kepribadian perusahaan, tanpa meninggalkan kesan yang rapi dan profesional.
  5. Jaminan pemasaran – kinerja adalah realitas dalam marketing dan harus nampak seprofesional Anda. Seluruh bahan Anda harus mengikuti prinsip dasar desain, nampak rapi dan sederhana, memiliki rasa yang bermerk, dan menggunakan gambar yang profesional. Merupakan ide yang bagus untuk menunjuk seseorang yang bertanggung jawab untuk hal tersebut, sehingga branding dan citra Anda menjadi konsisten.
  6. Website – performa website Anda menentukan mood dan kesiapan pengunjung untuk mendengarkannya. Ini akan menentukan citra Anda sebagai pemain dalam industri Anda. Harus sederhana dan elegan serta menuntun pengunjung untuk langsung menemukan informasi yang penting. Ini adalah investasi yang berharga untuk menyewa seorang profesional untuk memastikan Anda tidak salah menangani pengunjung, atau terjadinya resiko teknik. Bisa jadi website Anda adalah satu-satunya kesan yang didapatkan pengunjung tentang siapa diri Anda.
  7. Alamat bisnis – Tidak ada yang bisa menambahkan kredibilitas website yang lebih baik dibandingkan dengan menunjukkan alamat fisik bisnis di halaman kontak atau di bagian bawah (page footer). Alamat bisnis secara fisik vs alamat rumah atau kotak pos adalah penting bagi persepsi pengunjung untuk menentukan apakah mereka percaya bisnis Anda bisa diandalkan. Sebagai tambahan, Anda harus memiliki tempat pertemuan privat yang profesional dan menghindari pertemuan di kedai kopi dan restoran.
  8. Alamat Email – Luangkan waktu untuk mengamankan nama domain dan alamat email. Menggunakan alamat generik seperti @yahoo.com, @gmail.com, dsb tidak memberikan kesan bisnis yang profesional. Orang akan mengira Anda sulit dihubungi, bisnis yang hanya sementara waktu saja atau secara teknis tidak canggih.
  9. Komunikasi tertulis - Transparansi dokumen profesional atau respon memberikan pembukaan terbaik bagi perusahaan. Kesalahan yang luput dan tercetak atau dipublikasikan secara online menunjukkan bukan hanya penulisnya saja yang buruk, tapi seluruh organisasi atau publikasinya juga. Saat ditemukan kesalahan dalam dokumen, pembaca cenderung tidak mempercayai semuanya, termasuk statistik, opini, dan fakta. Pastikan Anda mengecek fakta, membaca ulang, memeriksa ejaan dan mencari pembaca yang obyektif untuk memeriksa pekerjaan Anda sebelum diterbitkan.
  10. Etika ber-email – Seperti kebanyakan aturan koresponden bisnis, pastikan Anda menggunakan tata bahasa dan tanda baca yang tepat. Hindari penggunaan singkatan dan simbol seperti smiley faces; mereka tidak dinilai sebagai profesional dalam komunikasi bisnis. Jangan pernah menulis email saat Anda meras kesal; gunakan aturan "sleep on it" sehingga Anda tidak perlu menuliskan sesuatu yang Anda sesali kemudian.
Citra awal Anda mempengaruhi apakah seseorang akan kembali atau tidak, merupakan hal yang penting untuk segera berbisnis dan terjadi pengulangan pembelian, serta referal; Ini memang bisa ditambahkan. Komunikasikan citra yang ingin Anda proyeksikan pada karyawan dan dorong secara teratur.Bisnis Anda akan berubah ke dalam gambaran kesuksesan, kredibilitas, dan profesionalisme; sebuah perusahaan dimana orang lain ingin berbisnis dengan Anda.
Oleh: Gayle Smith adalah Executive Director Corporate Office Centers (http://www.corporat eofficecenters. com),
Diterjemahkan oleh: Iin – Tim Pengusahamuslim. com
Artikel:
www.pengusahamuslim .com

Sumber : Millis Pengusaha Muslim