Senin, 20 Februari 2012

5 Langkah mewujudkan impian menjadi pengusaha


1. Pastikan Keyakinan Anda
Pastikan alasan apa yang membuat anda yakin menjadi pengusaha, apakah hanya ini impian anda? ATau ini hanya faktor kepepet karena melamar kerja di mana-mana tidak diterima, keputusan ini akan memberikan energy yang berbeda.
  • Pengusaha bidang apa yang anda sasar, 
  • Apa hobi anda
  • Apa bakat anda
  • Apa potensi lingkungan sekitar anda   
Untuk menuju keberhasilan jangka panjang anda harus tahu ukuran jangka pendeknya
(Jika anda masih menggap bahwa merintis usaha itu tidak perlu dituliskan dari sekarang maka anda sudah kehilangan momentum sangat berarti karena impian besar dimulai dari keindahan kecil diawalnya)

2. Dekat dengan sumber keberhasilan, dekati pengusaha senior/sebelumnya

Bagunlah lingkungan anda sebagai lingkungan pengusaha di bidang yang anda rencanakan, jangan tuntut mereka untuk meminjami modal, memjawab dengan cepat semua pertanyaan, memberikan semua resep usaha. Karena untuk mengambil hati mereka jangan tuntut terlalu tinggi, pada dasarnya pengusaha senior itu bukan seorang Guru yang bertugas selalu mengajarkan,menjelaskan dan menjawab pertanyaan. Kuncinya kreatif lah menjadi calon pengusaha yang sabar dengan ihtiar. Banyak kasus jika seseorang berusaha belajar ke pengsuaha senior dengan terlalu banyak tuntutan maka justru akan memperlebar jarak komunikasinya, karena pengusaha senior juga tentu butuh “fokus” dalam menjalankan usahanya.
Sukses usaha anda, bukan karena berhasil copy paste 100% dari pengusaha senior anda, tetapi kreatifitas anda mengembangkan menjadi sebuah inovasi. Jangan tuntut lingkungan anda untuk paham keinginan Anda, tetapi coba pahami seberapa berarti Anda di lingkungan pengusaha? Semakin anda baik dalam membina tentu anda semkain diakui keberadaaanya. Menuntut dan menutut pengusaha lain itu hanya akan menghasibisakan energi Anda, kecuali jika anda sudah membayarnya degan tinggi, jika masih dalam gratisan dan komunitas justru Anda yang bersabar dalam berjuang belajar darinya, anggaplah pendekatan itu layaknya anda mendekati pelanggan anda kelak.

3. Simulasikan usaha anda walau masih kecil
  1. Jika ingin usaha waralaba, misal  bidang Burger, cobalah ke Supermarket beli Rotinya, Beli sausnya, Beli simulasikan untuk anda sendiri bagaimana jika memasaknya terlalu matang, kurang matang. Simulasikan bagamana anda membukusnya, bagaimana kemasan yang ideal.
  2. JIka bingung belilah 3 Burger dari merek yang berbeda yang sudah terkenal, misal Big Burger, Mister Burger,  jika susah yakin Fotolah 4 burger, yaitu 3 Milik orang lain yang satu milik anda bandingkan dengan keyakinan, 4 foto tadi tempel di dekat kaca cermin, agar setiap saat anda habis mandi, sbelum pergi anda selalu ingat ada impian yang akan dicapai dan membandingkan untuk mensejajarkannya.
  3. Mulai esok hari datangilah counter penjualan 3 burgernya, lihat bagaimana cara menyajikan, cara berkomunikasi, cara memasak dll.  Rasakan bagaimana mereka selalu penuh prosedur, bagaimana mereka menyimpan produk dll
  4. Besoknya lagi bisa ke counter lain, tuliskan catatan ke tiganya rasakan bagaiaman rasa produk, layanan, keramaham, tampilan, dll
  5. JIka setiap hari anda bermimpi ingin memulai usaha waralaba tetapi tidak pernah ACTION untuk mencoba maka anda kehilangan momentum.

Jika anda sudah memiliki tentang catatan-catatan hasil observasi itu, maka mulailah copot 3 foto tadi, dan tinggal satu foto burger anda sendiri, Bangunlah Burger anda itu, bangun karakter rasa, aroma, tampilan promosi, Rencanakanlah bagaimana akan dilempar pasar.

Syukurilah

Syukurilah anda berhasil merencanakan usaha, tidak hanya bermimpi dan selalu bingung bagaiaman menjadi pengusaha
Tugas selanjutnya :
  • cari info cetak kertas untuk burger anda, hitung kebutuhan dana
  • Cari info bikin rombongnya berapa ukuran ideal
  • Bagaimana susunan rombong burger Anda Gas, Penggoreng, Bahan di rombong, gambarkanlah dengan pencl dahulu, atau memfoto dari yang sudah ada dan diizinkan
  • Cari info berapa gaji pegawai anda, berapa bonus dan tunjangannya, tuliskan
  • Jika roti dll sudah anda, carailah inovasi di Daging Burger Anda, adakah rasa yang bisa di kembangkan, BUger sapi, burger sapi pedas dll coba buat di rumah rasakan, gratiskan saudara anda. mint akomentarnya.
Hargalaih langkah anda sebelumnya, syukurilah itu walau sekucil apapun

4. Kuatkan masa depan usaha anda
Setelah itu terapkan 3 hal ini untuk memasuki persaingan yang sebenarnya :
  • Inovasi
  • Proteksi
  • Promosi.
Masukkankanlah Proteksi sebagai bagian dari keamaanan usaha jangka panjang anda. Pikirkanlah masa depan anda dan brand anda.

Saya selalu berpikir Brand itu asset yang sangat berharga, lebih bernilai dari ruang usaha, dll karena tempat usaha boleh pindah, boleh kena banjir, ruang usaha bisa terkena gempa, terkena Abu MErapi, tetapi jangan sampai Brand anda hilang diambil orang, tertimbun persaingan.

5. Kuatkan Spritial Pengusaha
Setelah itu pelajarilah bagaimana mambangun usaha sesuai Syariah, untuk menjadikan nilai spiritual usaha Anda, untuk memberikan jalan kemudahan mengembangkan usaha karena sesuai tuntutan. Karena energy terbesar pengusaha muslim adalah kebenaran dalam pandangan Agama.
Sukses Selalu
 

sumber : millis pengusaha muslim (Ipan Pranashakti)
-
http://www.ipan.web.id 

2 komentar:

  1. asalamualaikum
    trims sudah diberikan 5 langkah tersebut jeng
    ada tambahan ilmu untuk usahaku

    BalasHapus
  2. semoga sukses usahanya ya mba .....

    BalasHapus